Daftar Blog Saya

Kamis, 18 April 2013

^_^pemanfaatan lingkungan sekitar dalam pembelajaran matematika^_^ [RATNA JUWITA]




BAB I  PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
Mengajar matematika merupakan suatu karsa dengan nila seni tinggi. Matematika sebagai mata pelajaran dengan kategori ”momok” bagi sebagian siswa (meskipun belum tentu yang paling sulit) menuntut guru matematika mau dan mampu menerapkan strategi pembelajaran yang mujarab. Perlu kepedulian terhadap siswa dan kejelian terhadap kemampuannya dengan detail yang tinggi.
Media pembelajaran tidak harus mahal. Karena mahal tidaknya suatu media pembelajaran bukan hal yang prinsip. Prinsip media pembelajaran harus tepat guna untuk menjelaskan suatu konsep. Efektif dan efisien digunakan guru maupun siswa. TV dan DVD player bantuan dari perintah, tidak ada artinya bila guru dan siswa tidak bisa mengunakannya. Meskipun harganya mencapai jutaan rupiah.
Sebagian besar guru berusaha keras menyempurnakan ketrampilan dalam seni mengajar untuk ”membekali” siswa dengan matematika kontemporer yang sesuai. Ketrampilan seni mengajar ini penting, khususnya dalam usaha memotivasi siswa, terutama dalam menghadapi siswa-siswa yang malas, yang sering kita jumpai dalam kelas.
Kebanyakan guru mempunyai kiat tersendiri dalam mengajar. Namun, guru yang cermat selalu mencari ide dan teknik baru untuk diterapkan di kelasnya



B.     RUMUSAN MASALAH
Bagaimanakah pemanfaatan lingkungan sekitar yang berhubungan dengan pelajaran matematika.

C.     TUJUAN
Agar Siswa dapat memahami konsep kejadian bersyarat pada peluang dengan lebih mudah

BAB II  PEMBAHASAN

PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI PELUANG KEJADIAN BESYARAT (KERIKIL YANG DIBERI WARNA)

^_^        ALAT DAN BAHANA YANG DIGUNAKAn                 ^_^
1. Batu kerikil secukupnya/seperlunya
2. Cat/alat pewarna lain untuk membedakan beberapa kerikil
3. Kotak yang tidak transparan

^_*        LANGKAH-LANGKAH      ^_*
1. Bagi siswa menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-5 orang tiap kelompoknya
2. Setiap kelompok diminta membawa beberapa batu kerikil sebagian telah diberi warna/cat oleh siswa dari rumah. Sehingga tiap kelompok memiliki 2 kelompok kerikil yaitu yang diberi warna dan yang tidak diberi warna.
3. Setiap kelompok juga diwajibkan membawa 1 buah kotak yang tidak transparan
4. Masukkan kerikil-kerikil tadi ke dalam kotak, misalnya yang bewarna masukkan 10 dan tidak d beri warna masukkan 8 (Dapat disesuaikan)
5. Kemudian tiap kelompok diminta salah satu siswa mengambil 1 buah kerikil (Dapat sesuaikan) dari dalam kotak mereka masing-masing.
6. Kemudian siswa diminta menjawab ada berapa peluang. terambilnya kerikil yang bewarna setelah sebuah kerikil diambil tanpa pengembalian.  Lakukan hal tersebuat kembali dengan pengambilan yang berbeda atau jumlah kerikil yang berbeda.
7. Begitu juga untuk konsep peluang kejadian bersyarat dengan pengembalian, bedanya kerikil yang telah diambil di kembalikan kembali ke dalam kotak.









BAB III PENUTUP

A.    KESIMPULAN
Media pembelajaran tidak harus mahal. Karena mahal tidaknya suatu media pembelajaran bukan hal yang prinsip. Prinsip media pembelajaran harus tepat guna untuk menjelaskan suatu konsep. Efektif dan efisien digunakan guru maupun siswa.
Pemanfaatan lingkungan yang ada di sekitar kita merupakan salah satu cara atau metode dalam belajar bagaimana kita dapat memanfaatkan lingkungan sekitar kita menjadi sumber belajar yang dapat kita manfaatkan secara optimal untuk pencapaian proses pembelajaran dan dengan hasil pendidikan yang berkualitas.
Banyak yang dapat kita manfaatkan dari lingkungan sekitar kita sebagai media pembelajaran. Jadi sebaiknya kita manfaatkan apa yang ada di lingkungan sekitar kita. Karena banyak pelajaran yang langsung dapat kita ambil dari lingkungan kita. Lingkungan di sekitar kita memberi pengaruh yang sangat sebar dalam keberhasilan kita oleh sebab kita harus dapat memanfaaatkan lingkungan disekitar kita dengan sebaik-baiknya.
Keuntungan Memanfaatkan Lingkungan Sebagai Media Pembelajaran : Menghemat biaya, karena memanfaatkan benda-benda yang telah ada di lingkungan; Memberikan pengalaman yang nyata kepada siswa; Karena benda-benda tersebut berasal dari lingkungan siswa, maka benda-benda tersebut akan sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa; Media lingkungan memberikan pengalaman langsung kepada siswa.

B.     SARAN
            Dalam proses pembelajaran matematika apabila menggunakan bahan-bahan lingkungan sekitar untuk membantu daya ingat siswa dalam proses belajar maka hendaknya dan pastikan bahwa seorang guru harus memperhatikan semua siswa dalam proses pembelajaran tersebut berlansung. Dan jangan lupa arahkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar