BAB
I PENDAHULUAN
A. LATAR
BELAKANG
Mengajar matematika merupakan suatu karsa dengan nila seni tinggi.
Matematika sebagai mata pelajaran dengan kategori ”momok” bagi sebagian siswa
(meskipun belum tentu yang paling sulit) menuntut guru matematika mau dan mampu
menerapkan strategi pembelajaran yang mujarab. Perlu kepedulian terhadap siswa
dan kejelian terhadap kemampuannya dengan detail yang tinggi.
Media pembelajaran tidak harus mahal. Karena mahal tidaknya suatu media
pembelajaran bukan hal yang prinsip. Prinsip media pembelajaran harus tepat
guna untuk menjelaskan suatu konsep. Efektif dan efisien digunakan guru maupun
siswa. TV dan DVD player bantuan dari perintah, tidak ada artinya bila guru dan
siswa tidak bisa mengunakannya. Meskipun harganya mencapai jutaan rupiah.
Sebagian besar guru berusaha keras menyempurnakan ketrampilan dalam seni
mengajar untuk ”membekali” siswa dengan matematika kontemporer yang sesuai.
Ketrampilan seni mengajar ini penting, khususnya dalam usaha memotivasi siswa,
terutama dalam menghadapi siswa-siswa yang malas, yang sering kita jumpai dalam
kelas.
Kebanyakan guru mempunyai kiat tersendiri dalam mengajar. Namun, guru
yang cermat selalu mencari ide dan teknik baru untuk diterapkan di kelasnya
B. RUMUSAN
MASALAH
Bagaimanakah
pemanfaatan lingkungan sekitar yang berhubungan dengan pelajaran matematika.
C. TUJUAN
Agar Siswa dapat memahami konsep kejadian bersyarat pada peluang dengan
lebih mudah
BAB II
PEMBAHASAN
PEMANFAATAN
LINGKUNGAN SEKITAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI PELUANG KEJADIAN
BESYARAT (KERIKIL YANG DIBERI WARNA)
^_^
ALAT DAN BAHANA YANG DIGUNAKAn ^_^
1. Batu kerikil
secukupnya/seperlunya
2. Cat/alat
pewarna lain untuk membedakan beberapa kerikil
3. Kotak yang
tidak transparan
^_* LANGKAH-LANGKAH ^_*
1.
Bagi siswa menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-5 orang tiap
kelompoknya
2.
Setiap kelompok diminta membawa beberapa batu kerikil sebagian telah diberi
warna/cat oleh siswa dari rumah. Sehingga tiap kelompok memiliki 2 kelompok
kerikil yaitu yang diberi warna dan yang tidak diberi warna.
3.
Setiap kelompok juga diwajibkan membawa 1 buah kotak yang tidak transparan
4.
Masukkan kerikil-kerikil tadi ke dalam kotak, misalnya yang bewarna masukkan 10
dan tidak d beri warna masukkan 8 (Dapat disesuaikan)
5.
Kemudian tiap kelompok diminta salah satu siswa mengambil 1 buah kerikil (Dapat
sesuaikan) dari dalam kotak mereka masing-masing.
6.
Kemudian siswa diminta menjawab ada berapa peluang. terambilnya kerikil yang
bewarna setelah sebuah kerikil diambil tanpa pengembalian. Lakukan hal tersebuat kembali dengan
pengambilan yang berbeda atau jumlah kerikil yang berbeda.
7.
Begitu juga untuk konsep peluang kejadian bersyarat dengan pengembalian,
bedanya kerikil yang telah diambil di kembalikan kembali ke dalam kotak.
BAB III PENUTUP
A. KESIMPULAN
Media pembelajaran tidak harus mahal. Karena mahal tidaknya suatu media
pembelajaran bukan hal yang prinsip. Prinsip media pembelajaran harus tepat
guna untuk menjelaskan suatu konsep. Efektif dan efisien digunakan guru maupun
siswa.
Pemanfaatan lingkungan yang ada di sekitar kita merupakan salah satu cara
atau metode dalam belajar bagaimana kita dapat memanfaatkan lingkungan sekitar
kita menjadi sumber belajar yang dapat kita manfaatkan secara optimal untuk
pencapaian proses pembelajaran dan dengan hasil pendidikan yang berkualitas.
Banyak yang dapat kita manfaatkan dari lingkungan sekitar kita sebagai
media pembelajaran. Jadi sebaiknya kita manfaatkan apa yang ada di lingkungan
sekitar kita. Karena banyak pelajaran yang langsung dapat kita ambil dari
lingkungan kita. Lingkungan di sekitar kita memberi pengaruh yang sangat sebar
dalam keberhasilan kita oleh sebab kita harus dapat memanfaaatkan lingkungan
disekitar kita dengan sebaik-baiknya.
Keuntungan Memanfaatkan Lingkungan Sebagai Media Pembelajaran : Menghemat
biaya, karena memanfaatkan benda-benda yang telah ada di lingkungan; Memberikan
pengalaman yang nyata kepada siswa; Karena benda-benda tersebut berasal dari
lingkungan siswa, maka benda-benda tersebut akan sesuai dengan karakteristik
dan kebutuhan siswa; Media lingkungan memberikan pengalaman langsung kepada
siswa.
B. SARAN
Dalam
proses pembelajaran matematika apabila menggunakan bahan-bahan lingkungan
sekitar untuk membantu daya ingat siswa dalam proses belajar maka hendaknya dan
pastikan bahwa seorang guru harus memperhatikan semua siswa dalam proses
pembelajaran tersebut berlansung. Dan jangan lupa arahkan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar